Minggu, 19 Oktober 2008

toko kecil pojok versus waralaba

Anda bisa bayangkan saat ini di perumahan yang saya dan keluarga saya tinggali dikepung beberapa waralaba... 500 meter ke arah barat ada... 500 meter ke arah timur ada... 700 meter ke arah tenggara juga ada... Bahkan satu kiloan ke arah timur dibangun sebuah waralaba besar, yang didirikan di bekas sebuah terminal.... Anda kebayang segimana gedenya ???


Sementara itu, tetangga samping saya, tokonya sudah tutup. Toko 100 meter di utara saya, sekarat. Toko 100 meter di Timur saya, megap-megap. 120 meter ke arah Barat Daya saya, antara ada dan tiada.


Betapa orang lebih suka berbelanja di tempat yang prestisius, banyak lampu, lantai bersih, harga sedikit murah (kalo kata temen saya ini namanya politik BOOM HARGA!! tapi entah seperti apa ?? ) hanya biar tidak terlihat terlalu proletar. Tapi coba anda perhatikan bagaimana megap2nya toko pribumi yang ternyata lebih mahal seratus perak ?? bayangkan yang mereka rasakan...

Tidak ada komentar: